Pentingnya Mindset Bisnis Online Yang Benar

Pentingnya Mindset Bisnis Online Yang Benar

Ketika mengamati orang-orang disekitar kita yang menekuni dunia bisnis, terutama bisnis online, kita akan mendapati bahwa diantara mereka ada yang sukses luar biasa seolah semua usahanya selalu mudah tanpa kendala.

Namun di sisi lain justru lebih banyak lagi orang-orang yang gagal total dan selalu menemui jalan buntu pada setiap langkahnya. Serta ada juga kelompok pertengahan, mereka yang bisa sedikit lebih sukses dibandingkan kelompok orang sebelumnya.

Pertanyaannya adalah bagaimana mereka bisa menjadi seperti kelompok pertama, kedua atau yang ketiga? Sebenarnya kuncinya adalah di mindset, mindset bisnis online yang benar membawa lebih dekat kepada tingkat kesuksesan seseorang.

Lalu Bagaimana Mindset Bisnis Online Yang Benar?

1. Bisnis online bukan bisnis cepat kaya

Memang ada beberapa kasus dimana beberapa orang bisa sukses dengan waktu yang relatif singkat, tetapi hal itu bisa terjadi karena sudah ada persiapan jauh sebelum mereka memulai terjun di dunia online. Bisa juga karena orang tersebut punya karakter super yang mendukung dan bertemu orang-orang yang tepat dalam bisnisnya.

Secara umum dan untuk kebanyakan orang, bisnis online itu sama seperti bisnis offline, perlu usaha (effort) yang kuat untuk bisa mulai mendapatkan income serta menaikkan omset bisnisnya. Yang membedakan adalah sarana promosi dan cara bertransaksinya saja, dimana hal-hal tersebut bisa dilakukan melalui online.

2. Bisnis online bukan bisnis tanpa modal

Meskipun bisa dimulai dengan modal minimal, tetap saja bisnis ini juga memerlukan modal di awal seperti: smartphone, laptop serta kuota internet, karena hal-hal tersebutlah yang mensyaratkan terjadinya bisnis online.

Dan modal kita yang lain berupa: waktu, tenaga serta pikiran yang harus kita alokasikan untuk menjalankan bisnis ini. Tentu saja hal ini juga mesti kita perhitungkan dan perlu manajemen yang bagus supaya berjalan dengan baik.

Bisa jadi pada mulanya kita berfikir jika bisnis online akan membuat kita memiliki banyak waktu luang di rumah, kenyataannya malah kita ngga punya waktu sama sekali meskipun ada di rumah karena sibuk melayani customer.

3. Harus memiliki goal yang jelas

Masuk ke dunia online itu ibarat masuk ke hutan belantara, jika kita tidak memiliki tujuan dan jalan yang jelas, kita akan mudah tersesat. Alih-alih mendapat profit bisnis malah buang-buang waktu percuma karena asik tergoda time line di sosial media atau aktifitas yang tidak penting lainnya.

Untuk itu penting sekali memilik goal yang jelas, kemudian membuat target jangka pendek, menengah dan jangka panjang. Juga membuat parameter keberhasilan dari usaha yang telah kita lakukan sehingga bisa menjadi bahan evaluasi.

4. Berupaya untuk selalu fokus

Menjaga fokus bukan perkara mudah, untuk itu kita harus mengupayakan setiap saat. Tidak perlu tergiur dengan capaian orang lain, setiap orang memiliki masa susksesnya sendiri. Serta pentingnya bergaul dengan orang-orang yang mempunyai impian yang sama untuk bisa saling menjaga.

Jika kita berada di frekuensi dan atmosfer yang sama, tentu itu akan lebih mudah. Dan lingkungan yang paling dekat pastinya adalah keluarga, penting sekali mendapat dukungan dari mereka. Bisa juga bergabung dengan komunitas serta meng-upgrade diri di kursus atau workshop yang relevan.

5. Praktik, praktik & praktik

Bisnis online tidak cocok untuk orang-orang yang malas, moody dan inkonsisten. Jadi, jika anda masih berfikir jika bisnis online itu merupakan bisnis atau kerja santai, lupakan bisnis ini dan tinggalkan. Meski dikerjakan dari rumah sekalipun, kita harus membuat schedule dan jobdesk yang jelas serta menjalankannya dengan disiplin.

Ditambah lagi, saat ini persaingan bisnis (online) semakin tinggi, yang lemah akan kalah dengan yang kuat itu pasti. Bahkan kompetitor kita bisa jadi adalah sebuah korporasi yang punya sistem dan kekuatan dana berlimpah. Jika kita tidak memiliki strategi yang jitu serta masih dihambat dengan rasa malas, maka tidak ada harapan lagi.

6. Bisnis Online Bukan Masalah Bakat

Jika kita sudah siap dengan 5 hal di atas, itu sudah cukup untuk memulai. Yups… mulai saja sekarang juga ngga pakai nanti, semakin kita menunda semakin berat langkah kita, silakan baca artikel di link berikut:

Mengapa Bisnis Harus Dimulai Segera?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *