mindset bisnis online

Ketika mengamati orang-orang disekitar kita yang menekuni dunia bisnis, terutama bisnis online. Kita akan mendapati bahwa diantara mereka ada yang sukses luar biasa seolah semua usahanya selalu mudah tanpa kendala. Namun di sisi lain justru lebih banyak lagi orang-orang yang gagal total dan selalu menemui jalan buntu pada setiap langkahnya. Serta ada juga kelompok pertengahan, mereka yang bisa sedikit lebih sukses dibandingkan kelompok orang sebelumnya. Pertanyaannya adalah bagaimana mereka bisa menjadi seperti kelompok pertama, kedua atau yang ketiga? Yups… kuncinya ada di mindset, mindset bisnis online yang benar membawa lebih dekat kepada tingkat kesuksesan seseorang. Tentu saja persoalan ini harus dipisahkan dari pembahasan qadha dan qadar ataupun takdir manusia.

Bagaimana Mindset Bisnis Online Yang Benar?

Firstly, bisnis online bukanlah bisnis cepat kaya dengan cara yang mudah sebagaimana iklan-iklan kursus online atau workshop yang sering kita saksikan. Sama seperti bisnis offline, kita perlu berusaha sebaik mungkin untuk bisa menjual barang atau jasa lebih banyak dan lebih baik setiap waktu. Hanya saja bedanya disini ada beberapa hal yang bisa kita lakukan secara online, seperti pemasaran misalnya atau beberapa hal lainnya.

Secondly, bisnis online bukanlah bisnis tanpa modal bahkan jika kita melakukan pemasaran secara organik sekalipun kita tetap perlu modal. Minimal kita perlu modal waktu, tenaga, kuota internet, smartphone atau laptop. Namun modal pebisnis yang paling utama adalah kepercayaan (TRUST), jika anda masih bisa dipercaya oleh orang lain, itu sudah cukup untuk memulai.

Apa yang harus dilakukan seorang pebisnis online?

Thirdly, pebisnis online harus memiliki goal yang jelas, untuk itu penting sekali membuat target jangka pendek, menengah dan jangka panjang. Goal tersebut akan menjadi parameter keberhasilan dari usaha yang telah kita lakukan sehingga bisa menjadi bahan evaluasi. Target juga harus dibuat secara realistis supaya mudah diwujudkan dan jika perlu, mungkin saja ada sedikit revisi.

Fourthly, membuat pembukuan yang jelas dan dengan penuh disiplin menuliskan setiap transaksi yang terjadi pada bisnis kita. Hal inilah yang sering disepelekan oleh para pebisnis pemula, mereka lebih suka mengandalkan perasaan dibanding data. Ingat sesuatu yang tidak bisa diukur tentu tidak bisa dikembangkan, padahal kan setiap pebisnis pasti ingin usahanya berkembang.

Fifthly, tetaplah menjaga fokus karena urusan ini bukanlah urusan yang mudah, tidak perlu ngiler terhadap pencapaian orang lain. Di internet, ada orang-orang yang sering memamerkan keberhasilannya dengan maksud tertentu, mungkin saja untuk tujuan branding. But tidak sedikit yang bermaksud menipu, supaya orang lain tertarik dengan bisnisnya dan mau menerima penawarannya, sedangkan mereka menyembunyikan perkara lainnya.

Sixthly, lakukan pekerjaan secara simultan, seorang pebisnis yang ingin sukses tidak boleh mengedepankan moody. So untuk itu perlu adanya perencanaan dan jobdesk untuk menetapkan pekerjaan yang harus dilakukan setiap jamnya atau harinya atau bulannya.

Apa yang tidak boleh dilakukan seorang pebisnis online?

 

 

Eighthly,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *