Cara Membuat Website Sendiri di WordPress

Dalam dunia digital, website adalah hal paling utama yang harus ada. Setiap hari kita pasti akan menjumpai berbagai macam bentuk dan jenis website. Mungkin anda akan bertanya bagaimana cara membuat website sendiri? Nah… tutorial ini akan membantu anda menjawab pertanyaan tersebut. Semoga bermanfaat dan bisa membantu dalam membuat website pertama anda.

Langkah 1: Menentukan Tujuan Membuat Website

Jika anda ingin mendirikan sebuah bangunan, tentu akan merencanakan terlebih dahulu bukan? Terkait lokasi, bentuk, ukuran serta fungsi bangunan itu sendiri supaya sesuai dengan tujuan yang diharapkan. Membuat website juga demikian, meski tidak serumit mendirikan bangunan tapi perlu dirancang dari awal supaya desain dan kontennya sesuai dengan apa yang kita cita-citakan. Untuk itu anda perlu tau jenis-jenis website sebagai berikut:

  • Blog
  • Toko Online
  • Landing page

Sebenarnya ada banyak jenis dan bentuk website, tetapi untuk pemula cukup diketahui itu saja. Blog adalah jenis website yang digunakan untuk berbagi post atau artikel, seperti website diyanto.com ini. Sedangkan toko online adalah website yang digunakan untuk mendisplay produk-produk yang akan kita tawarkan. Landing page adalah website yang dibangun untuk menawarkan suatu produk secara detail dilengkapi dengan tombol tindakan.

Langkah 2: Membeli Domain dan Hosting

Domain adalah nama unik yang akan menjadi alamat website kita. Unik disini berarti tidak akan ada 2 domain yang sama persis di seluruh dunia. Domain bisa dipilih sesuai nama brand atau produk yang akan kita jual, seperti: tokobagus.com, diyanto.com, dll. Selain itu domain juga bisa kita pilih berdasarkan kata kunci yang akan kita bidik, misalnya: tokosepatu.com, jualjaketkulit.com, dll.

Sekarang sudah banyak provider yang bisa melayani pembelian domain dan hosting di Indonesia. Tapi supaya tidak bingung, anda bisa langsung order di niagahoster saja. Rekomendasi ini berdasarkan pengalaman selama 5 tahun terakhir menggunakan beberapa layanan hosting lokal. Selain karena faktor kecepatan hostingnya, juga karena pelayananannya customer servicenya cukup memuaskan. Sangat recomended buat para pemula, karena CS nya siap membantu anda kapan saja jika ada kendala. Ditambah lagi untuk setiap pelanggan baru, ada diskon yang cukup menggiurkan.

Langkah 3: Menginstal WordPress

Setelah membeli layanan hosting dan domain, langkah berikutnya adalah menginstal wordpress. WordPress adalah salah satu CMS (Content Magemen System) yang paling banyak digunakan. So… anda tidak perlu pusing-pusing belajar koding untuk membuat website profesional yang keren. Silakan cek email konfirmasi pembelian dari niagahoster di inbox, data login ke Cpanel akan diberikan setelah anda mengkonfirmasi pembayaran.

Langkah 4: Menginstal Theme (Template)

 

Langkah 5: Setting Dasar

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *